Monday 13 July 2020

Manfaat Bermain Games

Tidak diragukan lagi kalau bermaingame dianggap negatif oleh banyak orang teruatama di kalangan orang tua. Hal ini karena game dinilai tidak bermanfaat. Belum lagi banyaknya mitos seperti game dapat merusak kerja otak, membuat bodoh dan lain sebagainya. Memang, ada sisi negatif dari bermain game seperti bisa mengubah orang menjadi asosial dan apatis.

Namun, ini terjadi jika kamu kebablasan saat bermain game. Di samping hal-hal negatif, bermain game juga mempunyai manfaat positif. Berikut adalah penjelasan dampak positif bermain game:

1. Mengasah Otak


Tidak bisa dibantah jiga bermain game dapat mengasah otak kamu. Mengapa demikian? Karna dalam permainan game, kita pastinya membutuhkan strategi dan logika untuk menyelesaikan setiap level atau misi.

Kemampuan yang kamu tingkatkan dalam setiap permainan juga dapat berguna di kehidupan nyata, seperti jika kamu terbiasa membuat menganalisa dan membuat keputusan di game saat menghadapi lawan/pilihan yang sulit, kamu jadi  terbiasa juga menggunakan kemampuan kamu saat bermain game di dunia nyata.

2. Menghilangkan Stress


Rata Tujuan utamanya orang bermain game adalah untuk mengurangi stress kamu menjalani aktivitas. Untuk orang tua, bermain game dapat menghilangkan stress dari penatnya aktivitas sehari-hari, sedangkan bagi anak-anak bermain game dapat menjadi trigger untuk memunculkan kembali semangat belajar yang hilang akibat stress.

Jadi tidak bisa dipungkiri lagi dengan bermain game kamu akan merasa fun. Otak kamu pun memperoleh rangsangan baru sehingga bisa kembali fresh.

3. Melatih dan Membangun Kerja Sama Tim


Game jenis multiplayer pastinya mensyaratkan kerja sama tim. Kerjasama sama tim tidak cuma dilatih saat bekerja tetapi juga ketika bermain game. Baik ber-partner dengan teman maupun komputer, hal tersebut akan meningkatkan rasa solidaritas dan kemampuan kamu untuk bekerja sama dalam tim.

Game tidak seru jika dinikmati sendiri. Bermain game lebih menantang dan menimbulkan keceriaan jika dimainkan bersama teman dan keluarga.

4. Melatih Kesabaran


Yup, ini menjadi momok penting dalam bermain game. Musuh dan level dalam permainan akan mengasah kesabaran kamu. Jika kamu sudah capek, lebih baik stop bermaina dan mainkan lagi nanti. Karena jika kamu teruskan, kesabaran kamu akan habis dan game menjadi tidak fun lagi. Dan hasil tujuan kamu untuk menghilangkan stress malah membuat kamu tambah stress dan frustasi .

5. Melatih Kemampuan Bahasa Inggris

Setiap game pastinya mempunyai cerita yang berbeda-beda. Di masing-masing game kamu akan menemukan banyak dialog, pernyataan, pertanyaan dan keterangan yang menggunakan bahasa Inggris.

Nahh… Jadi Game bisa menjadi alternative buat kamu untuk belajar bahasa Inggris. Sebab, kamu pasti harus mencari tahu setiap keterangan, dan cerita yang diungkapkan dalam game. Jadi, bermain game bisa menjadi salah satu sarana untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris-mu.

No comments:

Post a Comment